SMK Piri 1

SMK Piri 1 Yogyakarta berdiri pada tahun 1996 ini dikenal dengan nama STM Piri Yogyakarta. Pada tahun 1997, setelah ada peraturan tentang tata cara pemberian nama sekolah kejuruan, maka STM Piri Yogyakarta menjadi SMK Piri 1 Yogyakarta. SMK Piri 1 Yogyakarta didirikan oleh Yayasan PIRI (SK Ketua Pengurus Pusat Yayasan PIRI Nomor 07/PP/A.II/1967) karena bertambah minat massyarakat dan usaha pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; karena saran-saran dan pandangan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang menunjukkan pentingnya sekolah kejuruan.

Sekolah kejuruan yang beralamatkan di Jl. Kemuning No.14 Baciro Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yag mempunyai toleransi tinggi dalam umat beragama. Walaupun pada dasarnya sekolah kejuruan ini berasaskan Islam, namun SMK Piri 1 Yogyakarta juga menerima siswa dengan agama yang berbeda. Dalam proses berkegiatan dengan Anak Wayang Indonesia (AWI), anak-anak dampingan dari sekolah ini banyak yang tertarik. Dalam berkegiatan anak-anak bersemangat untuk setiap kegiatan yang ditawarkan berkaitan dengan tema: ‘Program Pendidikan Tanpa Kekerasan,’ misalnya: teater, menggambar, film, hingga diskusi.

 Hasil dari pendampingan progam pendidikan tanpa kekerasan ini yakni: dua buah film pendidikan tanpa kekerasan, yang dibuat sendiri oleh anak-anak SMK Piri 1 Yogyakarta, dan teater yang telah ditampilkan pada acara Festival Teater Anak (FTA) 2014. Selain itu, anak-anak dampingan yang mengikuti kegiatan ini mulai dapat berpikir semakin panjang, menimbang segala tindakan yang akan dilakukan terutama dalam hal kekerasan dan tawuran yang sering mereka lakukan semasa mereka masih sekolah.

Home » SMK Piri 1 » SMK Piri 1
PIRI 1.jpg
PIRI 1.jpg
PIRI 4.jpg
PIRI 4.jpg
PIRI 2.jpg
PIRI 2.jpg
PIRI 5.jpg
PIRI 5.jpg

Facebook Comments