SD N Golo

PENDAMPINGAN SD N GOLO

Selama ini Anak Wayang  Indonesia (AWI)  adalah lembaga pendampingan anak di Kampung. AWI biasa mendampingi anak-anak untuk menanamkan nilai budi pekerti, lokalitas, penguatan organisasi dan sosialisasi hak anak. AWI mengemas keempat muatan tersebut melalui program pendampingan anak dengan seni sebagai medianya.

Tahun 2013 AWI mencoba bekerjasama dengan sekolah. Dengan membuat program bernama Konco Sekolah. AWI menganggap program sekolah merupakan tempat kedua setelah keluarga bagi anak untuk belajar. Selain menimba ilmu pengetahuan, di sekolah anak juga belajar berenteraksi bersama teman-teman  yang  beragam disana. AWI bekerja sama dengan mewujudkan sekolah yang ramah, nyaman dan berpihak pada anak. Dalam program Konco Sekolah ini AWI bekerja sama dengan enam sekolah yaitu SD N Golo, SD Nasional plus Bhineka Tunggal Ika, SMP Joanes Bossco, SMP Tumbuh, SMA  N 10,  dan SMK Piri 1.

Program Konco Sekolah kali ini bertemakan Pendidikan Tanpa Kekerasan Berbasis Sekolah. Tema tersebut diambil agar sekolah ikut mendorong terciptanya lingkungan kondusif bagi pemenuhan hak-hak dasar anak

SDN Golo adalah salah satu sekolah dampingan AWI dalam melaksanakan program Konco Sekolah. AWI mendampingi anak-anak yang duduk di  kelas lima SD. Siswa kelas lima rata-rata berusia 12 tahun keatas. Pada masa ini anak masuk dalam kategori peralihan dari anak ke remaja. Masa ini anak akan lebih banyak membutuhkan dorongan pengertian tentang pendidikan tanpa kekerasan sebagai bekal tumbuh. Motto kami bermain adalah belajar dan  belajar adalah bermain. AWI berusaha agar anak-anak tetap dalam kondisi senang, nyaman, dan mengasyikan sewaktu mengikuti  kegiatan berlangsung. Pendampingan di SDN Golo ini berlangsung pada  tahun 2012 sampai 2014.

Materi-materi Pendidikan Tanpa Kekerasan yang diberikan kepada anak harapannya mampu mengenalkan ciri diri sendiri dan orang lain. Hal tersebut sebagai bentuk penghargaan akan pentingnya perbedaan antara mereka. Kegiatan lain bernama Jelajah Sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperdalam dan mengembangkan pengetahuan siswa mengenai fungsi dan kegunaan fasilitas sekolah. Pengetahuan akan fungsi dan kegunaan fasilitas seperti tempat sampah, sarana dan prasarana seperti  WC, tempat ibadah, jenis tanaman, perpustakaan, areal parkir sepeda, ruang ( UKS ) atau ruang kesehatan dll, adalah agar anak mengetahui fungsi dan keguanaan  pengetahuan tersebut  secara nyata.

Ada sesi lebih khusus ketika AWI mengadakan kegiatan jalan-jalan ke tempat-tempat peribadatan di seputar  Yogyakarta.   Disana murid-murid diantar dan di pandu oleh beberapa pemuka agama seperti Ustad, Romo, Pendeta Biku. Di setiap tempat para pemuka agama memberikan pengetahuan mengenai tempat-tempat beribadah tersebut. Adapun tempat  yang dikunjungi ada di  Masjid Suhada Kota Baru, Gereja Kristen Protestan HKBP, Gereka Katholik, Klentang Krangan, dan Pure di Sorowajan. Kegiatan kunjuan ke tempat beribadah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang keberagaman yang ada di Indonesia. Harapannya anak-anak dapat saling tegang rasa dan menjadi lebih toleransi dengan pemeluk agama lain.

Selain memberi pengetahuan tentang keberagaman, AWI juga mengajak anak-anak untuk berkreasi mengikuti ajang Festival Teater Anak (FTA). Festival teater Anak ini rutin  setiap satu tahun sekali. Dengan adanya FTA, AWI berusaha memfasiltasi anak-anak untuk berekspresi melalui teater. Media teater ini mencoba menggali tema tentang  Pendidikan Tanpa Kekerasan berdasarkan  pengalan dan pengetahuan anak-anak mengenai tema tersebut.

Ternyata Anak-anak Jika diberi kesempatan mereka mampu mengaktualisasikan diri mereka. Anak-anak berhasil merangkai cerita berdasarkan pengalaman. Cerita seperti membolos ,mencontek ,membuang sampa, berkelahi antar teman, mengejek,  merupakan potongan cerita dalam teater yang berjudul “ Wayah Sekolah”  dipentaskan di LIP  (Lembaga Indonesia Prancis ).

Di penghujung program AWI mengadakan wisata alam bertempat di Desa Wisata Kelor Sleman. Wisata alam ini bertujuan untuk menguatkan dasar organisasi anak dengan tujuan mendorong kerjasama anak dan juga kekompakan.

Home » SD N Golo » SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo
SDN Golo

Facebook Comments