Kampung Semanak

Profil Kampung Mergangsan

Kampung Mergangsan merupakan kampong yang terletak di daerah jalan tamansiswa yogyakarta. Kampong mergangsan merupakan tempat kelahiran lembaga Anak Wayang Indonesia. Pada tahun 1998 AWI memulai kegiatan bermain dan belajar bersama anak-anak di kampong mergangsan.

Peristiwa Krisis Moneter memberi dampak kepada orang tua dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Dampaknya anak-anak kampong pun tidak sedikit yang memilih turun ke jalanan untuk mencari uang guna membantu orang tua maupun sekedar mencari uang saku.

Segelintir anak muda meresahkan adanya fenomena itu. Hasil obrolan para pemuda ini adalah menciptakan sebuah komunitas kretaif bernama anak wayang Indonesia di tempat kontrakan mereka yang berada di kampong mergangsan. Awal tujuannya adalah sederhana, anak wayang didirikian untuk membuat ruang kegiatan mengasah potensi supaya mencegah anak turun ke jalan. Wadah kegiatan ini selain memberi aktifitas secara fisik, AWI di kampong mergangsan juga membekali aktifitas berfikir cita-cita. Setelah anak secara fisik dan secara pemikiran paham tentang dampak buruk dari anak turun ke jalan menjadikan anak berpikir ulang untuk melakukan aksi tersebut.

Facebook Comments