Kampung Pengok

Kampung Pengok Kidul terdiri dari dua kata yaitu Pengok yang menunjukkan nama kampungnya dan Kidul yang menunjukkan letak arah kampung tersebut.

Berdasarkan toponimnya, nama Pengok berasal dari kata mempeng mbengok yang kemudian diucapkan Pengok. Konon juga, dinamakan Pengok karena di kampung itu terdapat bengkel kereta api, dimana sebagai tanda mulai bekerja bagi karyawan ditandai dengan bunyi sirine kereta yang bunyinya “Ngoookkk …”.

Kekuatan dari kampung ini terletak pada solidnya para stake holder dalam mengelola program kegiatan kampung. Namun di balik itu ada proses regenerasi yang tidak berjalan dengan baik, sehingga untuk transfer ilmu pengetahuan terutama pada remaja dan anak-anak kurang maksimal. Kegiatan untuk remaja dan anak-anak hampir tidak ada kecuali PAUD dan Posyandu untuk anak usia dini.

Pada tahun 2015 ini, Anak Wayang Indonesia mulai berkegiatan bersama di di Kampung Pengok Kidul. Dengan program Kampung Semanak, yakni kampung yang ramah dan berpihak pada anak. Anak Wayang Indonesia melakukan aktivitas pembuatan buku profil kampung, film dokumenter kampung, penguatan kepercayaan diri dan kemampuan anak melalui pendidikan seni dll. Tujuannya, setelah kepercayaan diri anak-anak tumbuh terutama dalam hal berorganisasi dan berinteraksi mereka akan menjadi kader-kader yang mampu membangun kampung tempat tinggalnya secara mandiri.

Home » Kampung Pengok » Kampung Pengok
IMG-20150812-WA0021.jpg
IMG-20150812-WA0021.jpg
IMG-20150812-WA0022.jpg
IMG-20150812-WA0022.jpg
Pengok 2.jpg
Pengok 2.jpg
Pengok 3.jpg
Pengok 3.jpg
Pengok.jpg
Pengok.jpg

Facebook Comments