Kampung Jagalan

Kampung Jagalan merupakan kampung yang terletak di bantaran Sungai Code. Nama kampung Jagalan diambil dari kata “Jagal,” sebutan untuk orang yang bekerja sebagai tukang potong sapi. Banyaknya penjual daging sapi di sepanjang jalan kampung, karena itu kampung ini disebut: Jagalan.

Anak Wayang Indonesia (AWI) melakukan pendampingan di Kampung Jagalan sejak tahun 2009. Program ini bernama: Basic Need For Needly Children. Program pendampingan ini ditujukan kepada anak-anak, remaja, dan orang tua  (parenting). Kegiataan pendampingan pun biasanya dilakukan di lapangan bulutangkis, atau di kediaman Bapak Suryo Edy. Jenis-jenis kegiatan yang dilakukan meliputi: pendidikan alternatif, kesehatan, dan perdamaian.

Pendidikan alternatif yaitu kegiatan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah (informal). Kegiatan ini meliputi: mengenal tanaman obat, memanfaatkan kertas bekas, jelajah kampung, dan masih banyak lainnya. Semua kegitaan memang berkaitan dengan kesehatan, salah satu contohnya adalah mobil klinik; suatu kegiatan pemerikasaan kesehatan rutin yang dilakukan bersama Puskesmas Pakualaman. Kegiatan kesehatan ini meliputi: menggosok gigi bersama, menjaga kebersihan rambut, dan masih banyak lainnya.

Pada bagian perdamaian, mayoritas anggota diikuti oleh remaja. Terdapat banyak program anak  yang dirancang khusus pada kegiatan ini. Salah satunya adalah TOT. Kegiatannya pun sengat menyenangkan, karena sering menghadirkan dan menambah teman baru dari kampung lain. Karena, kegiatan ini dilakukan bersama tiga kampung berbeda.

Sedangkan untuk program kegiatan parenting biasanya ditujukan bagi orang tua. Anak Wayang Indonesia Indonesia sering mengadakan kegiatan diskusi bersama dengan ibu-ibu di Jagalan. Kegiatan ini pun selalu menghadirkan pembicara parenting yang telah ahli, seperti Sheep. Pada kegiatan parenting, para ibu biasa bercerita seputar pengalamannya mengasuh anak di rumah.

Banyak ilmu yang dapat diambil dari semua kegiatan ini. Bahkan, kegiatan pendampingan pun tidak hanya dilakukan di seputar Kampung Jagalan. Tetapi, anak-anak sering diajak mengenal lingkungan sekitar, seperti berkunjung ke musium  atau Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Anak Wayang Indonesia juga mendampingi PAUD Smart yang akan mengikuti lomba di Kecamatan. (*)

Home » Kampung Jagalan » Kampung Jagalan
jagalan 1.jpg
jagalan 1.jpg
jagalan 2.jpg
jagalan 2.jpg
jagalan 3.jpg
jagalan 3.jpg
jagalan 4.jpg
jagalan 4.jpg
jagalan 5.jpg
jagalan 5.jpg
jagalan 6.jpg
jagalan 6.jpg
jagalan 7.jpg
jagalan 7.jpg
jagalan 8.jpg
jagalan 8.jpg
jagalan 9.jpg
jagalan 9.jpg
jagalan 10.jpg
jagalan 10.jpg
Facebook Comments