Anak Wayang Indonesia (AWI) Klitih. Episode 1 Museum Kolong Tangga

upload5

AWI Klitih

Hallo Co!

Mi nggu 14 Febuari 2015 tepat dihari kasih sayang, Anak Wayang Indonesia (AWI) bersama dampingan anak-anak dari tiga kampung yaitu Jagalan, Pengok dan Musik Kanan berkunjung ke Museum Anak Kolong tangga, Taman Budaya Yogyakarta. Kali ini dalam rangka 18 tahun AWI semangat muda. Kami mencoba program kegiatan mandiri dengan bekerjasama dengan komunitas Kolong Tangga.

Program kegiatan yang dinamakan AWI Klitih ini mencoba memfasilitasi rasa ingin tahu anak yang besar terhadap pengalaman, teman, dan ruang belajar, bermain dan berinteraksi baru. Segenap rasa ingin tahu anak ini perlu dipupuk dan terus dikelola. Sebab manusia pembelajar adalah manusia yang selalu memiliki rasa ingin tahu akan permasalahan dan solusi.

Itulah sebabnya di hari yang berbahagia ini anak-anak menikmati bermain, berinteraksi, bercanda dan saling merespon melalui berbagai permainan anak yang terdapat di museum Kolong Tangga. Di temani para volunteer Kolong Tangga, anak-anak diajak mencoba berbagai permainan seperti lompat tali, egrang, dakon,dll. Mereka juga diajak berinteraksi dengan ratusan koleksi permainan anak dari seluruh dunia dan diakhiri dengan membuat prakarya berupa kolase boneka bersama.

Banyak hal yang mengejutkan, ketika anak saling bertemu. Dimana ketika sendiri mereka asik bermain dengan handphone, namun pagi itu mereka masing-masing saling menyapa, ngobrol, dan tanya jawab. Anak-anak mencoba saling menghargai, bekerjasama, membantu dan memberi kesempatan kepada teman yang lebih kecil, belajar tidak egois, menghargai hasil karya sendiri.

Hari ini di pagi yang cerah anak-anak berjalan kaki dan ada pula yang bersepeda, di dalam tas mereka ibu telah membuat bekal makan siang seusai bermain dan belajar! Dan makan mereka lahap.

Terimakasih kepada para orang tua dan jabat tangan mesra museum Anak Kolong Tangga yang telah membuat senyum sungging anak-anak di hari kasih sayang ini.

Salam persahabatan, cinta dan damai..,

 

 

 

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.

*